Pengembangan Organisasi PT C Berdasarkan Tahap Pertumbuhan Organsiasi

Penulis

  • Novia Lioe Herlina Program Studi Teknik Industri, Fakultas Teknologi Industri, Institut Teknologi Bandung
  • Made Andriani Program Studi Teknik Industri, Fakultas Teknologi Industri, Institut Teknologi Bandung

DOI:

https://doi.org/10.61221/jriem.v1i2.12

Kata Kunci:

pengembangan organisasi, tahap pertumbuhan organisasi, intervensi strategis, intervensi technostructure

Abstrak

PT C merupakan UMKM yang terletak di bidang fashion dan terletak di kota Bandung yang sedang mengalami permasalahan berupa penurunan penjualan dan usaha yang tidak bertumbuh. Penurunan penjualan ini telah menyebabkan kerugian bagi perusahaan, sehingga terdapat urgensi yang tinggi untuk segera melakukan perbaikan. Terdapat berbagai dugaan penyebab turunnya penjualan yang belum pasti, untuk itu, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perusahaan secara menyeluruh, menentukan prioritas masalah, dan merancang intervensi untuk memperbaiki prioritas masalah tersebut. Model yang digunakan untuk melakukan analisis menyeluruh dan merancang perbaikan adalah model pengembangan organisasi, dengan tahapan entering and contracting, diagnosing organizations, diagnosing groups and jobs, collecting and analyzing diagnostic information, feeding back diagnostic information, dan designing interventions. Dalam merancang intervensi, arahan perubahan diperoleh melalui identifikasi tahap pertumbuhan organisasi. Prioritas masalah yang diperoleh dari hasil diagnosa organisasi, kelompok, dan individu adalah sistem dan proses serta strategi. Intervensi yang dirancang untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah intervensi strategis berupa organization design perancangan strategi dan intervensi technostructural berupa rancangan kerja. Kemudian, berdasarkan identifikasi tahap pertumbuhan organisasi, perusahaan saat ini berada di antara tahap pertumbuhan entrepreneurial dan collectivity. Oleh karena itu, hasil akhir yang dirancang dalam penelitian ini adalah strategi yang dapat diimplementasikan perusahaan, yaitu strategi pemasaran dan penjualan. Berikutnya adalah sistem dan proses pemasaran dan penjualan yang mulai dibuat menjadi prosedur, berkontribusi terhadap kesuksesan, dan bertujuan untuk menumbuhkan perusahaan untuk membuat perusahaan seluruhnya berada pada tahap collectivity.

Referensi

Andriani, M., Samadhi, T. M. A. A., Siswanto, J., & Suryadi, K. (2018). Aligning Business Process Maturity Level with SMEs Growth in Indonesian Fashion Industry. International Journal of Organizational Analysis, 26( 4), 709-727.

Andriani, M., Samadhi, T. M. A. A., Siswanto, J., & Suryadi, K. (2019). Knowledge Management Strategy : An Organisational Development Approach. Business Process Management Journal, 25(7), 1474-1490.

APQC. (2018). Cross Industry Process Classification Framework Version 7.2.1. USA: APQC.

Bartunek, J.M., Woodman, R.W. (2015), Beyond Lewin : Toward a Temporal Approximation of Organization Development and Change. Annual Review of Organizational Psychology and Organizational Behavior, 2(1), 157-182.

Cummings, T. G. & Worley, C. G. (2015). Organization Development & Change, 9th Edition. USA: South-Western Cengage Learning.

Daft, R. L. (2010). Organization Theory and Design Tenth Edition. USA: South-Western Cengage Learning.

David, F. R., David, F. R., (2017). Strategic Management Concepts and Cases : A Competitive Advantage, 16th Edition, Edinburgh : Pearson Education Limited.

Given, M. L. (2008). The SAGE Encyclopedia of Qualitative Research Methods. California: SAGE Publications, Inc.

Greiner, L. E. (1998). Evolution and Revolution as Organization Grow. Harvard Business Review, 55+.

Hasan, M.M., Cheung, A. (Wai-Ka.) (2018). Organization capital and firm life cycle, Journal of Corporate Finance, 48, 556-578.

Lester, D. L., Parnell, J. A., & Carraher, S. (2003). Organizational Life Cycle: A Five Stage Empirical Scale. The International Journal of Organizational Analysis, 11(4), 339-354.

Milstein & Co Consulting Inc. (2008). A Canadian Approach to The Apparel Global Value Chain. Canada: Government of Canada.

Ralko, O. (2021). "Methodological Approach to Assessing The Effectiveness of Organizational Development of Enterprise", Theoretical and methodological approaches to the formation of a modern system of national and international enterprises, organizations, and institutions' development, 204-215.

Scott. (1973). The Industrial State: Old Myths and New Realities. Harvard Business Review, 133-148.

Scott, M. & Bruce, R. (1987). Five Stages of Growth in Small Business. Long Range Planning, 20,

-52.

Tam, S., Gray, D.E. (2016). Organisational learning and the organisational life cycle: The differential aspects of an integrated relationship in SMEs, European Journal of Training and Development, 40(1),

-20.

Diterbitkan

2023-11-30

Cara Mengutip

Herlina, N. L., & Andriani, M. (2023). Pengembangan Organisasi PT C Berdasarkan Tahap Pertumbuhan Organsiasi . Journal of Research in Industrial Engineering and Management, 1(2), 21–27. https://doi.org/10.61221/jriem.v1i2.12

Terbitan

Bagian

Artikel Penelitian