Formulasi Strategi Korporasi pada Industri Pengolahan Pangan

Penulis

  • Azarine Faustina Aurellia Institut Teknologi Bandung
  • Alvinia Shafira
  • Diza Nurrizki
  • Iwan Inrawan Wiratmadja

DOI:

https://doi.org/10.61221/jriem.v2i1.22

Kata Kunci:

strategy formulation, corporate strategy, tows analysis, internal factor evaluation, external factor evaluation, quantitative strategic planning matrix

Abstrak

UMKM X merupakan salah satu produsen tahu di kawasan Sentra Industri Tahu Cibuntu, Kel. Babakan, Kec. Babakan Ciparay, Kota Bandung 40222 yang telah berdiri sejak tahun 1999. Variasi produk yang dihasilkan diantaranya tahu sutra, tahu susu, tahu keju, dan tahu cabai. Adapun UMKM X merupakan pelopor produk tahu sutra dan tahu susu pertama di Indonesia. Saat ini, produk tahu dipasarkan ke puluhan pedagang sayur dan pedagang tahu keliling di wilayah Jawa Barat. Penelitian ini bertujuan untuk merumuskan usulan strategi korporasi yang efektif yang dapat menunjang pengembangan UMKM X. Metode yang dilakukan dalam menentukan formulasi strategi korporasi adalah dengan environmental scanning, analisis TOWS, perhitungan matriks Internal Factor Evaluation (IFE) dan External Factor Evaluation (EFE), pemetaan analisis posisi bersaing, portofolio matriks TOWS, serta penyusunan Quantitative Strategic Planning Matrix (QSPM). Berdasarkan hasil analisis, prioritas alternatif strategi yang dapat dilakukan oleh UMKM X adalah strategi product and technology development dan strategi market penetration. strategi product and technology development dapat dilakukan dengan pengembangan produk, investasi teknologi, dan memperluas lini produk, sedangkan, strategi market penetration dapat dilakukan dengan meningkatkan brand awareness, memperluas jaringan distribusi, melakukan digital marketing, meningkatkan saluran penjualan offline, dan meningkatkan layanan pelanggan.

Referensi

David, Fred R., dan David, Forest R.. (2015). Strategic management : concepts and cases 15th. Edition. Harlow: Pearson.

Fadli, A., Taib, G., dan Nazir, N. (2021). Analisis Manajemen Strategi Pengembangan Industri Tahu Skala Menengah Di Kota Padang. Jurnal Teknologi Pertanian Andalas, 25(2), 120-129.

Hitt, Michael A., Ireland, R. Duane, dan Hoskisson, Robert E.. (2007). Strategic management competitiveness & globalization : concepts & cases, 7th Edition. Stanford: Cengage Learning.

Husairi, dan Fachrie, Shidqi. (2022). Pengembangan Kerangka Kerja Integrasi Proses Bisnis, Manajemen Pemangku Kepentingan, dan Manajemen Risiko Zouka Bakery Bandung. Tesis. Institut Teknologi Bandung.

Sekaran, U. dan Bougie, R. (2016). Research Methods for Business: A Skill-Building Approach, 7th Edition. Chichester: John Wiley & Sons Ltd.

Sumanto, Montororing, dan Yuli D. R. (2021). Strategi Pengembangan dan Pembinaan Teknologi Industri Kecil dan Menengah di Perusahaan Bakso ABC. Prosiding Seminar Nasional Inovasi Teknologi – SNITek 2021.

Wheelen, Thomas L., dam Hunger, J. David & Hoffman, Alan N. & Bamford, Charles E. (2018). Strategic Management and Business Policy: Globalization, Innovation and Sustainability, 15th Edition. Pearson.

Unduhan

Diterbitkan

2024-05-13

Cara Mengutip

Aurellia, A. F., Shafira, A., Nurrizki, D., & Wiratmadja, I. I. (2024). Formulasi Strategi Korporasi pada Industri Pengolahan Pangan. Journal of Research in Industrial Engineering and Management, 2(1), 9–19. https://doi.org/10.61221/jriem.v2i1.22

Terbitan

Bagian

Artikel Penelitian