Pengaruh Sentiment Analysis Berdasarkan Electronic Word of Mouth yang Dihasilkan dari Social Media Marketing Activities terhadap Posisi Bersaing Janji Jiwa dan Kopi Kenangan

Penulis

  • Saffania Zahra Aina Halinda Institut Teknologi Bandung
  • Hasrini Sari Institut Teknologi Bandung

DOI:

https://doi.org/10.61221/jriem.v3i1.51

Kata Kunci:

Electronic Word of Mouth, Sentiment Analysis, Social Media Marketing Activities, Janji Jiwa, Kopi Kenangan

Abstrak

Persaingan bisnis yang ketat saat ini dapat mempengaruhi posisi bersaing sebuah brand, dan dengan perkembangan teknologi pada era digital merubah perilaku konsumen yang memiliki kebergantungan pada jaringan internet dalam berkomunikasi terhadap opini, informasi, dan transaksi yang saling mempengaruhi atau yang umumnya disebut Electronic Word of Mouth (E-WOM). Dalam E-WOM itu sendiri, terdapat sentimen yang dapat dianalisa untuk menentukan apakah makna dari kalimat tersebut merupakan positif, negatif, atau netral. Sentimen tersebutlah yang dibutuhkan oleh pihak brand untuk mengetahui perspektif dari pasar. Perkembangan era digital ini juga menuntut sebuah brand memiliki akun sosial media untuk melakukan penilaian terlebih dahulu sebelum memutuskan pembelian. Brand yang memiliki image positif dan kuat dalam ingatan konsumen atau pengikutnya diyakini mampu menarik minat konsumen dalam membeli produk yang ditawarkan oleh suatu brand. Penelitian ini dilakukan dengan melihat kualitas Sentiment Analysis dari masing-masing brand kedai kopi pada Electronic Word of Mouth (E-WOM) yang dihasilkan dari Social Media Marketing Activities pada media sosial Instagram. Studi kasus dilakukan terhadap persaingan bisnis antara dua brand kedai kopi Janji Jiwa dan Kopi Kenangan, dikarenakan berdasarkan brand index dari Top Brand Award kedua kedai kopi tersebut berada di posisi bersaing yang sangat ketat. Sentiment analysis dilakukan dengan menggunakan bahasa pemrogramman Python dan aplikasi Jupyter. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kedai kopi Janji Jiwa memiliki bobot komentar positif sebesar 14,90% yang lebih tinggi dibandingkan kedai kopi Kopi Kenangan yang memiliki bobot komentar posisit hanya sebesar 11,70% dengan bobot komentar negatif yang dimiliki kedua brand kedai kopi sebesar 73,30%. Bobot komentar positif yang dimiliki oleh kedua brand tersebut merepresentasikan hal yang sama pada posisi bersaing dimana Janji Jiwa berada di posisi yang lebih tinggi dibandingkan Kopi Kenangan.

Referensi

Ahdiat, A. (2022, April 13). Indeks Persaingan Usaha Indonesia (2018-2021). Diambil kembali dari katadata.co.id: https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2022/04/11/persaingan-usaha-di-indonesia-meningkat-dekati-target-2024

Aw, E. F. (2019). Antecedents and consequences of self-congruity: replication and extension. Journal of Consumer Marketing.

Dewi, L. &. (2022). SERVICE QUALITY, CUSTOMER VALUE, AND PRICE TO CONSUMER SATISFACTION AT KOPI KENANGAN COFFEE SHOP. International Journal of Social Science (IJSS).

Fauzan, R., Supryanita, R., & Rahmatika. (2022). Analisis Strategi Pemasaran Untuk Peningkatan Daya Saing pada Bisnis Kafe di Kota Bukittinggi (Studi Kasus Kafe Teras Kota). Jurnal Manajemen Bisnis Syariah (MABIS).

Irawan, M. F., Evanita, E., & Riadi, A. A. (2024). ANALISIS SENTIMEN TERHADAP AKUN TWITTER TERHADAP AKUN TWITTER KEDAI KOPI JANJI JIWA MENGGUNAKAN METODE NAIVE BAYES. Digital Innovation and Technology Journal.

Isnayni, B. N., Saputra, N., & Hastono, T. (2024). SENTIMENT ANALYSIS OF COFFEE SHOP REVIEWS USING RANDOM FOREST CLASSIFIER METHOD. JTH: Journal of Technology and Health.

Katadata Media Network. (2018, July 31). Diambil kembali dari 2021, Konsumsi Kopi Indonesia Diprediksi Mencapai 370 Ribu Ton: https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2018/07/31/2021-konsumsi-kopi-indonesia-diprediksi-mencapai-370-ribu-ton

Koay, K. O. (2020). Perceived Social Media Marketing Activities and Consumer-Based Brand Equity. Asia Pacific Journal of Marketing and Logistics.

Lee, H. Z. (2020). Effect of Competitors’ eWOM in the Mobile Game Market. Journal of Computer Information Systems.

Liao, S. H. (2021). Risk and Opportunity for Online Purchase Intention – A Moderated Mediation Model Investigation. Telematics and Informatics.

Moedeen, S. C.-X. (2024). Social Media Marketing in the Digital Age: Empower Consumers to Win Big? Asia Pacific Journal of Marketing and Logistics.

Pandey, N., Jha, S., & Singh, G. (2020). Promotion of green products on Facebook: insights from millennials. Int. J. Management Practice.

Putri, O. E., Pranatawijaya, V. H., & Kristianti, N. (2024). ANALISIS SENTIMEN BERBASIS ASPEK DAN DETEKSI EMOSI PADA COFFEE SHOP PALANGKA RAYA MENGGUNAKAN DEEP LEARNING. JOINTECOMS (Journal of Information Technology and Computer Science).

Rosario, A. B., Valck, K. d., & Sotgiu, F. (2020). Conceptualizing the electronic word-of-mouth process: What we know and need to know about eWOM creation, exposure, and evaluation. Journal of the Academy of Marketing Science.

Safitri, L. N., Nurhasan, R., & Roji, F. F. (2024). Analisis Sentimen Terhadap Citra Merek Starbucks Pada Media Sosial Twitter. Jurnal E-Bis:Ekonomi Bisnis.

SAKDIYAH, H. (2023). ANALISIS SENTIMEN CUSTOMER REVIEW BRAND KOPI KENANGAN MENGGUNAKAN METODE NAIVE BAYES. UNIVERSITAS ISLAM NEGERI MAULANA MALIK IBRAHIM.

Soltani, M. H. (2021). Identifying The Factors Affecting Competitiveness: A Case Study of Iranian Natural Gas Industry. Energy Strategy Review.

Soltani, N. T. (2021). Quantification and Exposure Assessment of Microplastics in Australian Indoor House Dust. Environmental Pollution.

TopBrand. (2023, April 6). Komparasi Brand Index (Kedai Kopi). Diambil kembali dari Top Brand Award: https://www.topbrand-award.com/komparasi_brand/bandingkan?id_award=1&id_kategori=2&id_subkategori=730

Yadav, J. (2023). Sentiment Analysis on Social Media. Qeios.

Unduhan

Diterbitkan

2025-05-31

Cara Mengutip

Saffania Zahra Aina Halinda, & Hasrini Sari. (2025). Pengaruh Sentiment Analysis Berdasarkan Electronic Word of Mouth yang Dihasilkan dari Social Media Marketing Activities terhadap Posisi Bersaing Janji Jiwa dan Kopi Kenangan. Journal of Research in Industrial Engineering and Management, 3(1), 22–30. https://doi.org/10.61221/jriem.v3i1.51

Terbitan

Bagian

Artikel Penelitian