Identifikasi Profil Pelanggan Restoran berdasarkan Variabel Lifestyle dengan Activities, Interest, and Opinion (AIO) Approach
DOI:
https://doi.org/10.61221/jriem.v1i1.6Kata Kunci:
AIO, Segmentation, MArket, Cluster, Lifestyle, RestaurantAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi segmen pasar dari pelanggan eksisting salah satu restoran di Bintaro, Tangerang Selatan. Penelitian ini menggunakan lifestyle sebagai variabel activity, interest, and opinion (AIO) untuk mengidentifikasi segmen pasar dari pelanggan eksisting. Tujuannya adalah untuk mengetahui lifestyle dari pelanggan eksisting restoran tersebut. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan kuesioner, berdasarkan AIO statement dengan jawaban skala 1-5. Sebelum kuesioner digunakan untuk proses pengambilan data, tahapan yang perlu dilakukan adalah pengujian validitas dan reliabilitas dari kuesioner. Hal tersebut perlu dilakukan untuk menjamin kualitas kuesioner. Proses pengambilan data berhasil mengumpulkan sebanyak 141 responden dan saat proses pengujian awal data terdapat satu data yang terindikasi sebagai outlier sehingga data yang dapat diproses sebanyak 140 data. Data yang telah terkumpul dianalisis menggunakan klaster dengan metode hierarki. Berdasarkan data yang dikumpulkan, terdapat empat klaster dengan karakteristik yang berbeda-beda. Klaster pertama disebut sebagai effective millenials, sedangkan klaster kedua disebut sebagai family woman, klaster ketiga disebut sebagai sport person , dan klaster keempat disebut sebagai family person. Keempat penamaan klaster tersebut berdasarkan analisis tabulasi silang terhadap variabel demografis yang terdapat pada kuesioner dan juga statistika inferensi dengan uji ANOVA untuk mengetahui dimensi AIO yang memiliki rataan tertinggi.
Referensi
Hair, J., Ortinau, D., and Bush, R., Essentials of Marketing Research, Louisiana: McGraw-Hill. (2014).
Hair, J. F., Black, W. C., Babin, B. J., and Anderson, R. E., Multivariate Data Analysis, New York: Prentice Hall International. (2010).
Khare, A., and Bhagwat, J., Relevance Utility of Market Segmentation for the International Hospitality Industry, Journal of Hospitality. 5(1) (2019) 4-7.
Solomon, M.R., Consumer Behavior: Buying, Having, Being, New Jersey: Prentice Hall International. (2018).
Lo, A., King, B., Mackenzie, M., Segmenting Chinese Millennial Restaurant Customers: A Lifestyle Health Environmental Consciousness Approach, Journal of China Tourism Research. 16(2) (2020).
Kaynak, E., and Kara, A., An examination of the relationship among consumer lifestyles, ethnocentrism, knowledge structures, attitudes behavioural tendencies: a comparative study in two CIS states, International Journal of Advertising. 20(4), (2001) 455–482.
Risius, A., Klann, B., and Meyerding, S. G., Choosing a lifestyle? Reflection of consumer extrinsic product preferences views on important wine characteristics in Germany, Wine Economics Policy. 8(2), (2019) 141–154.
Weber, W., Reinhardt, A., and Rossmann, C., Lifestyle Segmentation to Explain the Online Health Information–Seeking Behavior of Older Adults: Representative Telephone Survey, Journal of Medical Internet Research. 22(6), (2020) e15099.
Walpole, R., Myers, R. H., Myers, S. L., and Ye, K., Probability Statistics for Engineers Scientists, Texas: Pearson. (2012).
Jain, R., Analysis of Indian Consumers Behaviour using Lifestyle Segmentation, Journal of Business Thought. 10, (2019) 57–65.
Aguilar-Rodríguez, I. E., and Arias-Bolzmann, L. G., Lifestyle Purchase Intention: The Moderating Role of Education in Bicultural Consumers, Journal of International Consumer Marketing. 35(1), (2021) 30–46.
Akkaya, M., Understanding the Impacts of Lifestyle Segmentation Perceived Value on Br Purchase Intention: An Empirical Study in Different Product Categories, European Research, (2020) 1-11.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Jihan Putri Nabilah, Hasrini Sari

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.



